DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MEMBACA INFORMASI DENGAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), COURSE REVIEW HORAY (CRH) KELAS V SDN SIDOREJO 2 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:HANUNG PRABOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Prabowo, Hanung. 2019. Meningkatkan aktivitas belajar siswa membaca informasi dengan kombinasi model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Heads Together(NHT), Course Review Horay (CRH) kelas V SDN Sidorejo 2 kab. Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Ramadi,M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Heads Together(NHT), Course Review Horay (CRH)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca intensif siswa dalam menemukan suatu informasi mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesiatema Benda Benda di Sekitar kita. Disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Heads Together(NHT), Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sidorejo Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  26. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik   disajikan dengan         dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif,. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 38%, pertemuan II mencapai 73%, pertemuan III mencapai 92,3%,

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Heads Together(NHT), Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI