DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MENGGUNAKAN TANGAN KANAN DAN KIRI DENGAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN MODEL TALKING STICK DAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERUMANAS KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:ERWINA EKARISYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Risyanti, Erwina Eka. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Dalam Keterampilan Menggunakan Tangan Kanan dan Kiri Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction Model Talking Stick dan Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Perumnas Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Dosen Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci : Motorik Kasar, Keterampilan Menggunakan Tangan Kanan dan Kiri, Model Explicit Instruction, Talking Stick dan Demonstrasi.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aspek motorik kasar keterampilan menggunakan tangan   kanan dan kiri karena penyampaian materi yang disampaikan guru kurang jelas atau suara guru kurang lantang saat menyampaikan, kurangnya kegiatan yang mengasah kegiatan motorik kasar anak dan juga media yang digunakan guru kurang menarik perhatian anak. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan aspek motorik kasar dalam keterampilan menggunakan tangan kanan dan kiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan dalam aspek motorik kasar anak dalam keterampilan menggunakan tangan kanan dan kiri.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dirancang 4 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Perumnas Banjarmasin Utara yang berjumlah 16 orang anak. Jenis data menggunaakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif  dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan aktivitas guru mencapai ≥25 dengan kategori “sangat baik”,aktivitas anak mencapai ≥82% kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang êêêê(Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Explicit Instruction Model Talking Stick  dan Metode  Demonstrasidapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 13 meningkat menjadi skor 32 pada pertemuan IV dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 25% berkembang pada pertemuan IV memperoleh nilai 92% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan sosial emosional anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan anak 16 anak memperoleh bintang êêêê (Berkembang Sangat Baik) dengan persentase 100%.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi Dengan Kombinasi Model Explicit Intruction, Model Talk ing Stick Dan Metode Demonstrasi Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Perumnas Kecamatan Banjarmasin Utara Maka Akan Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Dalam Melakukan Keterampilan Menggunakan Tangan Kanan Dan Kiri”dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pembembangan kemampuan aspek motorik kasar anak melakukan keterampilan menggunakan tangan kanan dan kiri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI