DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION(TAI), MIND MAPPING DAN TALKING STICK PADA KELAS V UPTD SDN DAMIT HULU KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:MUHAMMAD ROMI R SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Setiawan, Muhammad Romi Rizki. 2019.Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization(TAI), Mind Mapping dan Talking  Stick pada Kelas V UPTD SDN Damit Hulu Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, IPS,Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan, Team Assisted Individualization, Mind Mapping, danTalking  Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa dalam dua tahun terakhir, dimana lebih dari57% siswa belum mencapai nilai 65 (KKM). Disebabkan karena kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini akan diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model Team Assisted Individualization, Mind Mapping, danTalking  Stick dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Setting penelitian yakni siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2018/2019 di UPTD SDN Damit Hulu dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 8siswa laki-laki dan 12siswa perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan soal-soal untuk hasil evaluasi belajar siswa.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa telah mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa secara klasikal telah mencapaiketuntasan yang diharapkan yakni ≥80% siswa mendapatkan nilai ≥70. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Team Assisted Individualization, Mind Mapping, danTalking  Stickdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V UPTD SDN Damit Hulu

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI