DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENYEBUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH DAN BERMAIN ANGKA ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TERPADU UMA KANDUNG BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:NIA KURNIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Kurniaty, N. 2019. Mengembangkan Kognitif Anak dalam Menyebutkan Lambang Bilangan 1-10 melalui Kombinasi Model Make a Match dan Bermain Angka Engklek pada Anak Kelompok A PAUD Terpadu Uma Kandung Banjarmasin Timur. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd

 

Kata kunci :  Kognitif, Bilangan, Make a Match, Engklek

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok A PAUD Terpadu Uma Kandung Banjarmasin Timur diperoleh gambaran bahwa kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 masih belum maksimal. Hal ini disebabkan anak belajar nama-nama bilangan, tetapi sebagian besar anak-anak kurang mampu mengidentifikasi angkanya. Anak-anak banyak yang mengetahui urutan bilangan, namun apabila anak disuruh untuk menunjukkan lambang bilangan, anak sering menemukan kesulitan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model make a match dan bermain angka engklek melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD Terpadu Uma Kandung Banjarmasin Timur.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok A PAUD Terpadu Uma Kandung Banjarmasin Timur yang berjumlah 14 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru mencapai skor 23 - 28 (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas ≥81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan kognitif secara individual dan klasikal mencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 31 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 86% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10berhasil berkembang dengan persentase93% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10menggunakan kombinasi model make a match dan bermain angka engklek  pada anak kelompok A PAUD Terpadu Uma Kandung Banjarmasin Timurdikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model make a match dan bermain angka engklek  salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan kognitif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI