DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION, MAKE A MATCH, DAN TALKING STICK PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK H.A JOHANSYAH.A BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:RESFIA ADELIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

 

Adeliana, Resfia. 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction, Make A Match, Dan Talking Stick Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak H.A Johansyah.A Banjarmasin Barat”. Pembimbing Dr. Nina Permatasari, S.Psi., M.Pd.

 

Kata kunci  :Kognitif, Lambang bilangan 1 sampai 10, Direct Instruction, Make A Match, Talking Stick.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan kognitif anak kelompok A dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang masih bersifat abstrak, metode dan media yang digunakan oleh guru untuk membilang angka kurang menarik dan kurang menyenangkan bagi anak. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 menggunakan kombinasi model Direct Instruction, Make A Match dan  Talking Stick pada kelompok A Taman Kanak-Kanak H.A Johansyah. A Banjarmasin Barat. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan hasil belajar anak yaitu dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10.

Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan yang dilaksanakan pada anak kelompok A TK H.A JOHANSYAH. A Banjarmasin Barat dengan jumlah 10 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang cara pengumpulan datanya didapat dari hasil belajar anak.

Analisis data secara kualitatif dikatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai skor 30-36 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal dengan skor 82%-100%, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang ???(BSH).

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh kategori baik sampai pertemuan ke III mencapai kriteria sangat baik, aktivitas anak pada pertemuan I memperoleh persentase 63,5% dengan kriteria aktif sampai pertemuan III meningkat menjadi 82% dengan kategori sangat aktif, dan pada hasil perkembangan kemampuan kognitif anak pada pertemuan pertama hingga terakhir meningkat hingga mendapatkan kategori Berkembang Sangat Baik(BSB).

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Direct Instruction, Make A Match  dan Talking Stick dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak kelompok A TK H.A JOHANSYAH. A Banjarmasin Barat. Dan karena itu direkomendasikan agar guru dapat menggunakan model atau metode sebagai alternatif untuk pembelajaran.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI