DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA MEMBACA PEMAHAMANMENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVEINTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIKOMBINASIKAN DENGANNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY(CRH) PADA SISWA KELAS VB SDN SEMANGAT DALAM 3 BARITO KUALA
PENGARANG:DEVI AMI NIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas V B SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif atau tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, siswa hanya sebatas melaksanakan tugas untuk membaca saja tapi tidak memahami isi bacaan yang mereka baca, motivasi belajar rendah dan strategi pembelajaran yang kurang menarik serta kurang adanya interaksi antar guru dan siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model CIRC dikombinasikan dengan NHT dan CRH dengan tujuan dapat meningkatkan prestasi belajar anak kelas V B SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala. Karena Model CIRC dikombinasikan dengan NHT dan CRH dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, prestasi belajar siswa meningkat, termotivasi, juga dapat membantu proses perkembangan anak, baik secara mental maupun dalam interaksi dengan siswa lainnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam 4 pertemuan pada siswa kelas V B dengan jumlah 32 orang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Cara mengambil data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data didapat dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajarandan lembar kerja kelompok (LKK) serta lembar kerjasiswa (LKS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 19 dengan kategori cukup baik pada pertemuan II meningkat mendapat skor25 dengan kategori baik padapertemuan III semakin membaik yaitu mendapat skor 28 dengan kategori sangat baik dan pada pertemuan IV mendapat skor maksimal 32 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan I dengan persentase 59% kategori cukup aktif, pada pertemuan II meningkat dengan persentase 68% kategori Aktif pada pertemuan III meningkat dengan persentase 82% kategori Sangat Aktif pada pertemuan IV dengan persentase 92% dengan kategori Sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dikombinasikan dengan NHT dan CRH dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks fiksi dan nonfiksi di kelas V B SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala dan hipotesis diterima. Disarankan kepada guru-guru agar dapat menerapkan model CIRCd ikombinasikan dengan NHT dan CRH sebagai salah satu alternatif model yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI