DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA DALAM MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA DALAM STRUKTUR LENGKAP (POKOK KALIMAT PREDIKAT KETERANGAN) MELALUI KOMBINASI MODEL STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK DAN MODEL PICTURE AND PICTURE SERTA PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B DI TK NURUL HUDA BANJARMASIN
PENGARANG:NORHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

 

Norhayati. 2018. Mengembangkan Aspek Bahasa dalam Menyusun Kalimat Sederhana dalam Struktur Lengkap (Pokok Kalimat Predikat Keterangan) melalui kombinasi Model SAS dan model picture and picture serta pemberian tugaspada Kelompok B di TK Nurul Huda Banjarmasin. Skripsi S1 PG. PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata kunci :Aspek Bahasa, Menyusun Kalimat Sederhana, Struktur Lengkap (Pokok Kalimat Predikat Keterangan),Model SAS, model picture and picture, pemberian tugas

 

Permasalahan yang terjadi  anak masih kurang mampu menunjukkan percaya diri mereka saat maju kedepan kelas dan kemampuan mereka masih kurang dalam berbahasa sehingga berakibat pada komunikasi yang kurang lancar. Tujuan penelitian mengetahui pengembangan Aspek Bahasa dalam Menyusun Kalimat Sederhana dalam Struktur Lengkap (Pokok Kalimat Predikat Keterangan) melalui kombinasi Model SAS dan model picture and picture serta pemberian tugaspada Kelompok B di TK Nurul Huda Banjarmasin.

Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Temapt penelitian di TK Ruhui Rahayu Banjarmasin Utara dengan jumlah 12 orang anak. Isntrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, anak dan perkembangan. Faktor yang diteliti adalah aktivitas guru, aktivitas anak dan perkembangan berbahasa anak. Ukuran keberhasilan dilihat dari aktivitas guru rata-ratanya minimal 81% berada pada kategori sangat baik. Aktivitas anak rata-rata minimal 81% dalam kategori sangat aktif. perkembangan sosial emosional anak mencapai tanda bintang tiga (***), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) serta indikator keberhasilan secara klasikal apabila sejumlah anak minimal 81%.

  Hasil penelitian aktivitas guru  mencapai hasil klasikal pertemuan I mencapai dan pertemuan II mencapai dan pertemuan III mencapai 93.8% termasuk sangat baik terlaksana. Hasil klasikal aktivitas anak pada  pertemuan I mencapai dan pertemuan II mencapai dan pertemuan III mencapai 83.3% termasuk dalam kategori sangat aktif. Hasil perkembangan aspek berbahasa anak  pada pertemuan I mencapai dan pertemuan II mencapai dan pertemuan III mencapai mencapai 84.7% termasuk dalam kategori berkembang sesuai harapan.

Berdasarkan bahwa dengan menerapkan kombinasi model Mengembangkan Aspek Bahasa dalam Menyusun Kalimat Sederhana dalam Struktur Lengkap (Pokok Kalimat Predikat Keterangan) melalui kombinasi Model SAS dan model picture and picture dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI