DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan kemampuan bahasa dalam menceritakan kembali cerita yang pernah didengar menggunakan metode bercerita, media gambar kombinasi model talking stick pada kelompok A taman kanak-kanak al yusraa 1 banjarmasin
PENGARANG:ADDINNA WIEDIANI AISYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Kata Kunci:

Menceritakan Kembali,Bercerita, Media Gambar,dan Talking Stick.

 

Penelitian ini berlatar belakang padaperkembangan bahasa anak yangbelum berkembang, beberapa anak menunjukkan keterlambatan dalam perkembangan bahasa terutama menceritakan kembali cerita yang pernah didengar, yang di tandai belum mampunya anak dalam menceritakan kembali. Rendahnya kemampuan ini disebabkan aktivitas anak belum belajar secara aktif, kreatif, dan menyenangkan, dari 11 orang anak hanya 3 orang anak saja yang memperoleh kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 orang anak memperoleh kriteria Mulai Berkembang (MB), dan 6 orang memperoleh kriteria Belum Berkembang (BB).Berdasarkan hal tersebut dilaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasilpengembangan kemampuanbahasa dalam menceritakan kembali cerita yang pernah didengar menggunakan metode bercerita, media gambar, kombinasi model Talking Stickdi kelompok A Taman Kanak-Kanak Al-Yusraa 1 Banjarmasin.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 pertemuan yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di Taman Kanak-Kanak Al-Yusraa 1 Banjarmasin. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah sebanyak 11 siswadengan 5orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Hasil penelitian aktivitas guru mencapai skor 23 berada pada kriteria sangat baik dan dinyatakan berhasil. Aktivitas anak menunjukkan adanya perkembangan di tiap pertemuannya, hal ini dapat dilihat dari aktivitas anak secara klasikal mencapaipersentase 90% berada pada kriteria sangat aktif. Hasil pengamatan terhadap pengembangan kemampuanmenceritakan kembali cerita yang pernah di dengar mengalami peningkatan di setiap pertemuannya, dimana anak yang mendapat ≥???yang dikatakan berhasil berkembang memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria berkembang sangat baik.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan jika kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah di dengar menggunakan metode bercerita, media gambar, kombinasi model talking stickdi kelompok A Taman Kanak-Kanak Al-Yusraa 1dapat berkembang. Disarankan kepada guru dapat menggunakan metode bercerita, media gambar, kombinasi model talking stickini sebagai pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan perkembangan bahasa dalam menceritakan kembali cerita yang pernah di dengar sebagai pembelajaran yang menyenangkan dan membuat anak aktif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI