DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERDASARKAN CERPEN “SEPOTONG SENJA UNTUK PACARKU” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA PESETA DIDIK KELAS XII PERHOTELAN 1 SMK NEGERI 4 BANJARMASIN.
PENGARANG:FITRUL RAFI NUGROHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

 

Nugroho, Fitrul Rafi . 2019. Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Cerpen “Sepotong Senja Untuk Pacarku” Seno Gumira Ajidarma Peserta Didik Kelas XII Perhotelan-1 SMK Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.; (II) Dr. Sabhan, M.Pd.

Kata kunci: kemampuan, puisi, cerpen

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kemampuan menulis puisi berdasarkan hasil membaca cerpen peserta didik kelas XII Perhotelan 1 SMK Negeri 4 Banjarmasin. 1) mendeskripsikan proses pembelajaran kemampuan menulis puisi berdasarkan hasil membaca cerpen peserta didik  kelas XII perhotelan 1 SMK Negeri 4 Banjarmasin. 2) mendeskripsikan hasil belajar kemampuan menulis puisi berdasarkan hasil membaca cerpen peserta didik  kelas XII perhotelan 1 SMK Negeri 4 Banjarmasin. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Dari observasi selama proses pembelajaran kemampuan menulis puisi di awal pembelajaran peserta didik kurang antusiasme. Sampel penelitian ini berjumlah 33 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini ialah tes tertulis. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data berupa deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Hasil proses pembelajaran menunjukkan bahwa pendidik menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman. Pendidik memberikan materi menggunakan metode ceramah dengan model pembelajaran hasil membaca sebuah cerpen.

Hasil kemampuan menulis puisi berdasarkan hasil membaca cerpen menunjukkan bahwa pada aspek tema, persentasenya ada 69 % berkategori cukup baik. Pada aspek amanat, persentasenya ada 60 % berkategori cukup baik. Pada aspek kata konkret, persentasenya ada 45 %  berkategori cukup baik. Pada aspek diksi, persentasenya ada 72 % berkategori cukup baik. Pada aspek pencitraan, persentasenya ada 45 % berkategori baik. Pada aspek tipografi, persentasenya ada 66 %  berkategori cukup baik. Pada aspek bahasa figuratif, persentasenya ada 69 %, berkategori cukup baik Pada aspek rima, persentasenya ada 72 % berkategori cukup baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI