DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Menggunakan Model Cooperative Script, di kombinasi Survey-Question-Read-Recited-Review dan Snowball Throwing Kelas V SDN 2 Komet Banjarbaru
PENGARANG:PATMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Kata Kunci : Hasil Belajar, Benda-benda di Sekitar Kita, Cooperative Script, Survey-Question-Read-Recited-Review, Snowball Throwing

 

Permasalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan mengingat materi pada tema benda-benda di sekitar kita dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa mudah bosan atau tidak bersemangat dalam belajar. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan modelCooperative Script di kombinasi denganSurvey-Question-Read-Recited-Review danSnowball ThrowingTujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema benda-benda di sekitar kita di kelas V SDN 2 Komet Banjarbaru.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitianini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Komet Banjarbaru, pada Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 29 orang yaitu 14 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan cara observasi aktivitas guru, aktivitas siswadan tes hasil belajar. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa dianggap tuntas belajarnya apabila siswa secara klasikal mencapai ≥ 82% dari jumlah siswa mencapai skor ≥ 75 dari kriteria ketuntasan minimal (KKM).Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, Pada Aktivitas Guru siklus I mencapai skor 27 dengan kriteria Baik meningkat pada siklus II mencapai skor 39 dengan kriteria Sangat Baik, Aktivitas Siswa siklus I mencapai 52% meningkat pada siklus II menjadi 93% dan Hasil Belajar Siswapada siklus I mencapai52% meningkat pada siklus II menjadi 100%Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script di kombinasi denganSurvey-Question-Read-Recited-Review danSnowball Throwingdapat meningkatkan Aktivitas Guru, Siswa dan Hasil Belajar pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita. Disarankan kepada guru agar menggunakan model-model pembelajaran dalam mengajar aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI