DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TEKNIKAL MENGGUNAKAN INDIKATOR MACD DAN RSI PADA SAHAM JII
PENGARANG:NOOR ELMA MONIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

Noor Elma Monika, Analisis Teknikal Menggunakan Indikator MACD dan RSI pada Saham JII. Tesis. Program Magister Manajemen, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing:  Meina Wulansari Yusniar

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara harga yang disarankan oleh indikator MACD dan indikator RSIdengan close price terdekat saham. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara indikator MACD dengan indikator RSIpada saham JII tahun 2016 s.d. 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan komparatif. Teknik purposive sampling menghasilkan 6 saham sebagai sampel penelitian dengan kode: ADRO, BSDE, KLBF, PTPP, SMRA, dan WIKA.

Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi ChartNexus Versi 5 untuk menganalisis harga saham harian dengan indikator MACD dan RSI. Sinyal harga dari indikator kemudian dipasangkan dengan close price terdekat saham. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji beda Mann Whitney yang diolah dengan program SPSS 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara harga dari sinyal indikator MACD dan RSI dengan close price terdekat saham, sehingga sinyal beli dan sinyal jual yang dihasilkan akurat dan dapat digunakan dalam perdagangan saham. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara 2 indikator analisis teknikal, sehingga dapat dinyatakan bahwa pada obyek dan periode yang sama, indikator MACD dan RSI menghasilkan keputusan investasi (sinyal beli dan sinyal jual) yang sama secara statistik.

 

Kata Kunci :   JII, Analisis Teknikal, Indikator MACD, Indikator RSI, Sinyal Beli dan Sinyal Jual, Close Price

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI