DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan hasil belajar pada materi koperasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe studens facilitator explaining dikombinasikan dengan model pair check dan numbered heads together dikelas IV SDN Awang Bangkal Barat
PENGARANG:Lisna Yanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Kata Kunci : Hasil Belajar, Koperasi, Student Facilitator And Explaining, Pair Check,Numbered Heads Together.

 

Rendahnya hasil belajar IPS pada materi koperasi di SDN Awang Bangkal Barat Martapura tahun ajaran 2016-2017 yang masih jauh dari KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Hal inidisebabkan karena kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya semangat serta motivasi yang diberikan guru kepada siswa, sehingga akan diperbaiki melalui penelitian tindakan kelas melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Dikombinasikan Dengan Model Pair Check Dan Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Materi Koperasidi kelas IV SDN wang Bangkal Barat Martapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara objektif dan aktual tahapan proses pembelajarandengan rancangan 4 kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Awang Bangkal Barat Martapura yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan pada semester genap. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif (aktivitas guru dan siswa), dan data kuantitatif (hasil belajar siswa).Hasil penelitian menunjukkan pada aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik pada pertemuan I dikategorikan baik menjadi kategori sangat baik pada pertemuan 4. Pada aktivitas siswa pertemuan 1 yang dikriteriakan cukup aktif pada pertemuan 4 meningkat menjadi sangat aktif. Untuk hasil belajar secara klasikal pertemuan 1 40,6% sedangkan pada pertemuan 4 meningkat menjadi 92%.Kesimpulan dari penelitian ini pada aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik serta terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar pada materi koperasi dengan model model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Dikombinasikan Dengan Model Pair Check Dan Numbered Heads Togetherdapat dijadikansalah satu alternatif pilihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koperasi di sekolah dasar sebagai upaya dalam menciptakan perbaikan dan peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI