DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Sosial Nelayan Purse Sein dengan Masyarakat di Desa Pulau Kerayaan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:Fitria Alifiah Nida
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Fitria Alifiah Nida, 2019. Hubungan Sosial Nelayan Purse Sein dengan Masyarakat di Desa Pulau Kerayaan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, Pembimbing (II) Sigit Ruswinarsih.

Kata Kunci : Hubungan Sosial, Nelayan Purse Sein, dan Pulau Kerayaan

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi sosial menunjang kehidupan bersama. Dengan interaksi sosial masyarakat akan saling mengenal satu sama lain. Penelitian ini bertujuan :(1) untuk menggambarkan pola hubungan sosial nelayan purse sein dengan masyarakat Desa Pulau Kerayaan (2) untuk menjelaskan upaya membangun hubungan sosial nelayan purse sein dengan masyarakat Desa Pulau Kerayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive, yakni masyarakat yang dianggap memahami tentang nelayan purse sein dan nelayan purse sein yang membangun hubungan sosial dengan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawanncara, observasi, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) pola hubungan yang terbentuk antara masyarakat dan nelayan adalah (a) langganan yaitu hubungan yang terbentuk karena sering berkunjung ke warung maupun rumah ketika berlabuh di Desa Pulau Kerayaan. (b) kekeluargaan yang terbentuk dengan seringnya nelayan dan masyarakat menjalin hubungan silaturahmi ketika nelayan sedang berada di laut atau sedang tidak berlabuh di Desa Pulau Kerayaan. (2) upaya nelayan dengan masyarakat membangun hubungan sosial ada dua yaitu. (a) etika yaitu berperilaku sopan dan saling mengerti satu sama lain. (b) kepercayaan dalam penelitian ini yaitu tolong-menolong antara nelayan dengan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk: (1) masyarakat agar tetap selalu menjalin hubungan sosial yang dapat menimbulkan persaudaraan dengan selalu melakukan silaturahmi agar tidak terjadi perpecahan maupun keributan pada suatu daerah. (2) Bagi peneliti lainnya dapat melakukan penelitian yang lebih dalam terhadap keberadaan nelayan purse sein terutama pappalimbang (jasa angkut).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI