DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN VARIASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA KELOMPOK A DI TK AL-HAMID BANJARMASIN
PENGARANG:RUTIYA APRIYANINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

Apriyaningsih, Rutiya2019.Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Menggunakan Variasi Model Pembelajaran Numbered Head Together, Metode Bercakap-Cakap dengan Menggunakan Model Make a Match Pada Kelompok A Di Taman Kanak – Kanak Al-Hamid Ulm Banjarmasin”.  Skripsi Program S1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Ali Rachman, M. Pd

 

Kata kunci       : Pengembangan Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan, model numbered head together, metode bercakap-cakap dan model make a match

 

Permasalahan yang ditemui pada Kelompok A1 TK Al-Hamid Banjarmasin adalah rendahnya kemampuan kognitif dalam hal mengenal lambang bilangan 1-10, hal ini dikarenakan Sebagian besar anak kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan teman, Sebagian besar anak kurang  aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, Anak kurang semangat dan cepat merasa bosan. Berdasarkan hal tersebut dilaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil pengembangan kemampuan.

kognitif dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 melalui variasi model numbered head together, metode bercakap-cakap dan model make a match.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam siklus I, II, dan III yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penletian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2018/2019 di PAUD Terpadu TK Al-Hamid Banjarmasin. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 yang berjumlah 16 orang dengan 8 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki.

Hasil penelitian aktivitas guru pada Siklus III meningkat lagi menjadi skor 92,8 dengan kriteria sangat baik yang merupakan pencapaian optimal. Aktivitas anak menunjukkan adanya perkembangan ditiap siklusnya, hal ini dapat dilihat dari aktivitas anak pada kriteria aktif dan sangat aktif pada siklus III mencapai 90,23 dengan kategori BSB. Hasil pengaatan pengamatan terhadap kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 mengalami peningkatan di setiap siklus, dimana anak yang berkembang pada siklus III mengalami peningkatan 93,75%.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan jika variasi model numbered head together, metode bercakap-cakap dan model make a match diterapkan dalam pembelajaran menyebutkan lambang bilangan 1-10, maka kemampuan kognitif anak Kelompok A1 TK Al-Hamid akan meningkat. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi agar menarik dan menyenangkan anak untuk meningkatkan kemampuan anak yang lebih baik. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu menggunakan variasi model numbered head togetherdan, metode bercakap-cakap dan model make a match.

ABSTRACT

Apriyaningsih, Rutiya2019 "Efforts to Develop Cognitive Aspects of Children in Recognizing the Symbols of Numbers 1-10 Using Variations in Learning Model Numbered Head Together, Methods of Conversation Using the Model Make a Match in Group A in Kindergarten Al-Hamid Ulm Banjarmasin". Thesis, S1 PG-PAUD Program, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University. Advisor Dr. Ali Rachman, M. Pd.

 

Keywords: Cognitive Development, Identifying Number Symbols, numbered head together, modelconversation method and make a match model.

 

Problems encountered in A1 Al-Hamid Banjarmasin Kindergarten Group A1 are the low cognitive ability in terms of recognizing 1-10 numbers, this is because most children do not interact with the surrounding environment and friends, Most children are less active in participating in the learning process, Children are less spirit and get bored quickly. Based on this, classroom action research is carried out to determine the activities of teachers, children and the results of ability development.

In mentioning cognitive symbols 1-10 through variations in the numbered head together model, the method of conversation and the model make a match.
This study uses classroom action research conducted in cycles I, II, and III which include the stages of planning, action implementation, observation and reflection. This class action research was carried out in the even semester of the 2018/2019 academic year in the Al-Hamid Kindergarten Integrated PAUD Banjarmasin. The subjects in this study were children in group A1, amounting to 16 people with 8 girls and 8 boys.

The results of research on teacher activity in Cycle III increased again to a score of 92.8 with excellent criteria which is the optimal achievement. Children's activities show development in each cycle, this can be seen from the activities of children in active criteria and very active in cycle III reaching 90.23 with the BSB category. The results of observing observations of children's cognitive abilities in mentioning 1-10 numbers have increased in each cycle, where children who develop in cycle III have increased 93.75%.

Based on the results obtained, it can be concluded that the variation of the numbered head together model, the method of conversing and the make a match model are applied in learning to mention the 1-10 symbol, then the cognitive abilities of the Al-Hamid Kindergarten A1 Group children will increase. It is recommended that teachers use a variety of learning approaches so that they are interesting and fun for children to improve their abilities. One alternative that can be used is to use variations of the model numbered head together and, the method of conversing and the model make a match.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI