DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD), THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN TALKING STICK PADA KELAS IV SDN TELAWANG 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RUSILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

Rusila. 2019.” Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema  Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi ModelPembelajaran Student Teams Achievement Divisions(STAD), Think Pair And Share (TPS) Dan Talking Stick Pada Kelas IV SDN Telawang 4 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar. Kayanya Negeriku. Student Teams Achievement Divisions(STAD), Think Pair And Share (TPS), Talking Stick.

 

Permasalahan pada penelitian ini peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar yang monoton, cenderung kurang aktif dalam pembelajaran, kurangnya motivasi siswa belajar serta rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Hal ini berdampak pada aktivitas dan hasil belajar yang tidak maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Upaya yang dilakukan mengatasi permasalahan tersebut menggunakan kombinasi model Student Teams Achievement Divisions(STAD), Think Pair And Share (TPS),dan Talking Stick dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitan Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian  adalah kelas IV SDN Telawang 4  Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik. Pertemuan II mencapai kriteria baik. Pertemuan III mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 44%, pertemuan II mencapai 76%, pertemuan III mencapai 82%, dan pertemuan IV mencapai 91%.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Student Teams Achievement Divisions(STAD), Think Pair And Share (TPS),dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut. Disarankan agar model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI