DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT CAMPURAN HOMOGEN DAN HETEROGEN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VD SDN SEMANGAT DALAM 2 BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | SYARIFAH ZAKIAH MABRURAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-26 |
ABSTRAK
Mabrurah, Syarifah Zakiah. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan HasilBelajar Siswa Pada Materi Zat Campuran Homogen dan Heterogen dalam Kehidupan Sehari-hari Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Two Stay Two Stray (TSTS), dan Scramble pada Siswa Kelas VD SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Zat Campuran Homogen dan Heterogen, Model Inkuiri Terbimbing, Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VD SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala yang disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi zat campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Two Stay Two Stray (TSTS), dan Scramble.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh melalui teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.
Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 40% pada kategori “Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 95% pada kategori “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 45% kemudian meningkat menjadi 95% pada pertemuan 4.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Two Stay Two Stray (TSTS), dan Scramble pada materi zat campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPA materi Zat Campuran Homogen dan Heterogen dalam Kehidupan Sehari-hari kelas VD.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI