DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS ISI PESAN PEMBANGUNAN PADA MEDIA YOUTUBE KANAL SUDUT ISTANA (Unggahan Januari – Juli 2018)
PENGARANG:M IRZA HAIFANY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Muhammad Irza Haifany, D1C112034, 2019, Analisis Isi Pesan Pembangunan Pada Media Youtube Kanal Sudut Istana (Unggahan Januari - Juli 2018). Dibimbing oleh Novaria Maulina dan Sarwani.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan isi pesan pembangunan presiden Joko Widodo dalam konten video Youtube kanal Sudut Istana unggahan Januari - Juli 2018.

            Sudut Istana merupakan sebuah kanal di dalam situs berbagi video bernama Youtube, kanal ini merupakan hasil kerjasama pengelolaan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Biro Sekretariat Presiden, dan Presiden Joko Widodo. Kanal ini memiliki 14.537 pelanggan dan konten-konten dalam kanal tersebut telah ditonton sebanyak 2.050.450 kali sejak pada 30 Maret 2016.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan teknik analisa isi adalah observasi dan dokumentasi. Jumlah scene yang diteliti adalah 99 scene dalam 9 video yang diunggah sejak Januari sampai Juli 2018.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 40 scene dari total 99 scene dalam 9 video di kanal Sudut Istana menunjukan pesan pembangunan menjadi hal yang harus disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan penyampaian ilmu baru, sebagai bentuk persuasi agar masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan, dan meningkatkan rasa kebangsaan dengan tujuan mendorong kohesi sosial. Pesan pembangunan yang disampaikan melalui new media yaitu Youtube ini juga menggambarkan bahwa informasi tentang kinerja pemerintah dapat menjangkau lebih banyak khalayak dan lapisan masyarakat.

 

Kata Kunci: Pesan Pembangunan, Joko Widodo, Youtube, Sudut Istana.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI