DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA YANG PERNAH DIDENGAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STORY TELLING DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA PAPAN PLANEL PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL MUSHALLUN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:BARIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

 

Bariyati, 2019. “Mengembangkan Aspek Bahasa Dalam Menceritakan Kembali Cerita Yang Pernah Didengar Menggunakan Kombinasi Model Story Telling dan Talking Stick Dengan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok A di RA Al-Mushallun Kabupaten Barito Kuala”. Skripsi Program S-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

                                        

Kata kunci:  Kemampuan Berbahasa, Story Telling ,Talking Stick ,Papan Flanel.

Masalah utama dalam penelitian tindakak kelas (PTK) ini adalah masih belum berkembangnya kemampuan bahasa anak terutama dalam menceritakan kembali cerita yang pernah didengar, dibuktikan dari penilaian perkembangan peserta didik semester II tahun ajaran 2017/2018 bahwa sekitar 80% anak yang masih belum maksimal dalam menceritakan kembali cerita yang pernah didengar. Faktor penyebabnya adalah anak masih malu berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman dan guru, kurangnya kreatifitas guru dalam menciptakan media pembeljaran yang menarik bagi anak dalam pengembangan bahasa dan metode pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan pengembangan kemampuan bahasa anak.

Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan menggunakan kombinasi model Story telling dan Talking Stick dengan media papan flanel. Setting penelitian dilakukan di RA Al Mushallun Kabupaten Barito Kuala , subjek penelitian yaitu anak kelompok A berjumlah 15 anak, 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan telah mengalami peningkatan. Aktivitas guru memperoleh 29 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak memperoleh skor 90% dengan kriteria Sangat Aktif dan hasil perkembangan kemampuan Bahasa anak mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 100% dengan  kriteria ‘Berkembang Sangat Baik’.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa dalam menceritakan kembali cerita yang pernah didengar menggunakan kombinasi model Story Telling dan Talking Stick dengan media papan Flanel pada anak kelompok A di RA Al Mushallun Kabupaten Barito Kuala dikatakn berhasil / berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Story Telling dan Talking Stick dengan media papan flanel merupakan salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk  meningkatakn kemampuan anak dalam berbahasa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI