DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT PERMINTAAN IKAN TERHADAP WARUNG TENDA SEAFOOD DI KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:M UTIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Usaha warung tenda merupakan usaha perdagangan yang menyediakan makanan siap makan dengan bahan baku sumberdaya hayati laut. Warung tenda seafood juga menyediakan bahan baku dari ikan air tawar dan hasil peternakan sebagai variasi menu. Pendapatan konsumen dari waktu ke waktu yang diraih tidak menentu ini mempengaruhi faktor-faktor konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jumlah permintaan ikan dan jenis lainnya pada usaha warung tenda seafood di Kota Banjarbaru; (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pada usaha warung tenda seafood di Kota Banjarbaru; Penelitian ini dilaksanakan di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Metode pengambilan data yang digunakan berupa metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode cluster sampling dimana mengambil sebuah sampel dari kelompok-kelompok untuk mewakili setiap daerah di Kota Banjarbaru yaitu dari populasi sebanyak 85 menjadi 32 warung, sampel responden konsumen, menggunakan accidental sampling yaitu konsumen yang sedang membeli produk dan secara kebetulan bertemu di warung tenda seafood.

Analisis data untuk tujuan pertama menggunakan analisis tabulasi data yaitu Tabulasi adalah penyusunan data ke dalam bentuk tabel, tabulasi ini meliputi jenis ikan, jumlah dibeli, jumlah terjual pada usaha warung tenda seafood. Analisis data untuk tujuan kedua menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y) dengan menggunakan uji R2, uji F dan uji T. Hasil analisis tabulasi data permintaan ikan dan jenis lainnya pada usaha warung tenda seafood selama satu minggu meliputi permintaan tertinggi non ikan yaitu produk ayam kota sebesar 1923 dan permintaan ikan tertinggi ikan Nila 1424 porsi. Hasil analisis regresi linier berganda uji R2 koefisien determinasi (R Square) adalah 0,783 sama dengan 78,3 %, uji F Nilai F hitung sebesar 32,91 dan F tabel 1,89 dengan nilai probabilitas ? 0,05. Jika F hitung 32,91 > F tabel 1,89 hal tersebut menerangkan bahwa variabel bebas secara bersamaan berpengaruh nyata terhadap permintaan warung tenda seafood dengan tingkat kepercayaan ? 0,05, uji T variabel yang berpengaruh X1 harga beli ikan tawar (0.04), X5 pendapatan (1.16E),X6 harga jual ikan tawar (0,01), X7 harga jual ikan laut (0.002), X10 jenis produk yang dijual (6.02E).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI