DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENUNJUKKAN RASA PERCAYA DIRI MENGGUNAKAN VARIASI METODE BERCERITA, MODEL ROLE PLAYING, DAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK ANNISA DESA SEMANGAT DALAM KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:HUSNUL KHOTIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

Khotimah, Husnul. 2019. “Mengembangkan kemampuan Sosial Emosional Anak Dalam

                   Menunjukkan Rasa Percaya Diri Menggunakan Variasi Metode Bercerita,                          Model Role Playing dan Model Numbered Heads Together  pada Kelompok                          A TK Annisa desa Semangat Dalam Kecamatan Alalak Kabupaten Barito                    Kuala “. Skripsi Program S-1 Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas                         Lambung Mangkurat Pembimbing Prof. Drs.Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D

 

Kata Kunci :Kemampuan Sosial Emosional Anak, Menunjukkan Rasa Percaya Diri.

                 Metode Bercerita, Model Role Playing, dan Model Numbered Heads Together.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah aspek pengembangan sosial emosional  anak khususnya dalam menunjukkan rasa percaya diri yang masih belum  berkembang  sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini disebabkan anak masih bergantung dengan bantuan orang lain sehingga tidak dapat mengerjakan tugasnya sendiri,  dan takut untuk  berani tampil di depan umum. Di samping itu , metode dan model mengajar yang digunakan juga tidak bervariasi kesehariannya mereka hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Para pendidik hanya menggunakan media yang ada dilingkungan sekolah tanpa disertai gambar  yang menarik perhatian  anak untuk belajar masalah tersebut  diatasi dengan menggunakan variasi Metode Bercerita, Model Role Playing dan Model Numbered Heads Together Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran aktivitas guru , aktivitas anak dan hasil pengembangan kemampuan sosial emosional anak  dalam menunjukkan rasa percaya diri.

                Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan kelas. Setting dalam penelitian ini adalah anak kelompok ATK Annisa dengan jumlah anak 15 orang yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Tindakan Kelas dilakukan dalam 3 pertemuan. Pada setiap pertemuan terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil kemampuan anak. Penelitian berhasil apabila aktivitas guru mencapai kategori sangat baik, aktivitas anak mencapai sangat aktif, dan hasi pengembangan kemampuan sosial emosional minimal 80% anak berkembang sesuai harapan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 24 dengan kategori cukup baik dan pada pertemuan 3 meningkat menjadi 35 dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas anak pada pertemuan 1 dengan kategori cukup aktif  (60%) dan pada pertemuan 3 meningkat dengan kategori sangat aktif  (100%). Sedangkan untuk hasil pengembangan kemampuan sosial emosional anak pada pertemuan 1 hanya mencapai 40 % dan pada pertemuan 3 meningkat menjadi 100 %.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Variasi Metode Bercerita, Model Role Playing dan Model Numbered Heads Together dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional anak dalan menunjukkan rasa percaya diri pada kelompok A TK Annisa dan  diharapkan dapat dijadikan alternatif dalam melakukan inovasi pembelajaran dan mengembangkan kemampuan sosial emosional anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI