DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERLIBATAN PEMERINTAH, SWAASTA DAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PARIWISATA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD NAWAWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

 

            Muhammad Nawawi, D1B115431, 2019, Keterlibatan Pemerintah, Swasta dan Masyarakat dalam Pengelolaan Pariwisata Kota Banjarbaru (Studi Pada Objek Wisata Kampung Pejabat Kota Banjarbaru). Di bawah bimbingan Siti Hamidah selaku pembimbing 1 dan Husein Abdurrahman selaku pembimbing 2.

            Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh pemerintah, swasta dan masyarakat. Selain itu pariwisata juga adalah industri baru yang dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Kampung Pejabat adalah salah satu objek wisata yang ada di Kota Banjarbaru, dalam pengelolaanya masih kurang akan fasilitas pelayanan untuk wisatawan seperti tidak adanya toilet umum, gerai cenderamata dan fasilitas pelayanan lainnya, menurut ketua pengelola Kampung Pejabat, pengelolaan Kampung Pejabat sendiri dikelola oleh masyarakat sekitar 80% dan selebihnya oleh pihak pemerintah dan pihak swasta.

Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif guna untuk mendiskripsikan dengan kenyataan yang sebenar-benarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Keterlibatan Pemerintah, Swasta dan Masyarakat dalam Pengelolaan Pariwisata Kota Banjarbaru (Studi Pada Objek Wisata Kampung Pejabat Kota Banjarbaru). Penelitian ini menggunakan konsep Good Governance dengan teori Konsep prinsip-prinsip Tata Kelola Kepariwisataan yang Baik (Good Tourism Governace) menurut Sunaryo (2013).

            Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterlibatan pemerintah, swasta dan masyarakat khususnya pada objek wisata kampung pejabat Kota Banjarbaru sesuai dengan konsep Good Governance. Adapun keterlibatan masing-masing aktor tersebut yakni : pemerintah sebagai fasilitator, swasta sebagai aktor pendukung, dan masyarakat sebagai pelaksana dan aktor yang difasilitasi oleh pemerintah dan swasta dalam pengelolaan objek wisata kampung pejabat Kota Banjarbaru. Selain itu, konsep tata kelola kepariwisataan yang baik (good tourism governance) dalam pengelolaan kepariwisataan Kota Banjarbaru secara keseluruhan juga telah terlaksana dengan baik, namun dalam hal pemenuhan fasilitas pelayanan dari pihak pemerintah masih perlu dioptimalkan lagi.

 

Kata Kunci: Good Governance, Good Tourism Governace, Pariwisata.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI