DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL THINK TALK WRITE, CONCEPT SENTENCE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI PADA SISWA KELAS 5 SDN ANJIR MUARA KOTA 1
PENGARANG:MUHAMMAD REZKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

Rezky, M. 2019. Implementasi Kombinasi Model Think Talk Write, Concept Sentence  Dan Talking Stick  Untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Teks Nonfiksi Pada Siswa Kelas 5 Sdn Anjir Muara Kota 1. Skripsi Program Studi PGSD FKIP ULM Banjarmasin. Dosen Pembimbing. Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

Kata Kunci           : Implementasi, Keterampilan Menulis Teks Nonfiksi , Think Talk Write, Concept Sentence  Dan Talking Stick. 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis siswa Pada muatan Bahasa Indonesia Pokok bahasan Teks Nonfiksi karena berlangsung melalui metode ceramah yang mengarahkan siswa untuk lebih fokus mendengarkan penjelasan dari guru. Siswa duduk manis dikursinya dan menerima teori-teori dan informasi dari guru, sehingga pembelajaran pun didominasi oleh guru yang mengakibatkan siswa belum mendapatkan pengalaman langsung dan pengalaman yang berbeda dari biasanya dalam belajar. Akibatnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V SDN Anjir Muara Kota 1 dari data tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan indikator ketuntasan belajar/KKM yang ditetapkan yaitu 70, dari 10 orang siswa hanya 30% siswa yang tuntas dan 70% siswa belum tuntas. Oleh sebab itu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Think Talk Write, Concept Sentence  Dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi teks nonfiksi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas V SDN Anjir Muara Kota 1 semester genap tahun ajaran 2018/2019  Pada muatan Bahasa Indonesia Pokok bahasan Teks Nonfiksi. Jumlah siswa sebanyak 11 orang dengan jumlah 7 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Penggalian data menggunakan cara observasi baik berupa aktivitas guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran maupun kelompok dan hasil belajar pada tiap pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa meningkat menjadi kategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 91%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan  aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan  kombinasi model Think Talk Write, Concept Sentence  Dan Talking Stick. Pada muatan Bahasa Indonesia  Pokok bahasan Teks Nonfiksi di kelas V SDN Anjir Muara Kota 1. Disarankan kepada guru agar dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia  di Sekolah Dasar khususnya untuk materi Teks Nonfiksi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI