DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBEBASAN BERAGAMA DALAM PEMBENTUKAN PERDA DI DAERAH
PENGARANG:WIRA ARIANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


WIRA ARIANTY. 2019. IMPLEMENTASI KEBEBASAN BERAGAMA DALAM PEMBENTUKAN PERDA DI DAERAH. Tesis, Program Magister Ilmu Hukum. Program Pascasarjana. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Utama: Dr. Akhmadi Yusran, S.H.,M.H. Pembimbing Pendamping: Dr. Hj. Erlina, S.H.,M.H. 102 Halaman.
ABSTRAK
Kata kunci : kebebasan beragama, peraturan daerah, kelompok minoritas, hak asasi manusia.
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis peraturan daerah pemerintahan daerah berkenaan dengan kebebasan beragama untuk mengetahui dan menganalisis implikasi hukum peraturan daerah berkenaan kebebasan beragama terhadap hak asasi kelompok minoritas.
Adapun metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian tentang Implementasi Kebebasan Beragama Di Daerah yaitu penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual.
Sedangkan hasil penelitian yaitu Peraturan daerah berkenaan dengan kebebasan beragama dibentuk dengan tujuan agar tercipta keharmonisan, saling menghargai, saling menghormati sesama umat beragama. Proses pembentukannya sama halnya dengan peraturan daerah pada umumnya yakni mekanisme/ tahapan yang meliputi perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan, pengundangan, dan penyebarluasan. Implikasi hukum peraturan daerah berkenaan kebebasan beragama terhadap hak asasi kelompok minoritas pada awalnya menimbulkan persepsi diskriminasi terhadap hak asasi manusia dimasyarakat, akan tetapi apabila ditinjau dari aspek tujuan maupun materi muatannya justru peraturan daerah tersebut merupakan bentuk pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat, tidak hanya mayoritas tetapi juga minoritas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI