DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEBERLANJUTAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANJARMASIN
PENGARANG:FITRIA KHOIRUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Telah dilakukan penelitian untuk mengimplikasi model inkuiri terbimbing terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik pada materi tekanan zat dan penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) apakah ada perbedaan keberlanjutan penguasaan konsep antara kelas yang menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan kelas yang menggunakan metode ekspositori pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya. (2) bagaimana hasil implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya terhadap penguasaan konsep peserta didik. (3)bagaimana hasil implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang dan peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling claroom dilihat dari rata-rata nilai kelas pada hasil Ulangan Semester (US) 1. Pengumpulan data sampel menggunakan tes soal pilihan ganda diawali sebelum dimulai penelitian dilakukan tes pre-test dan diakhir materi dilakukan tes post-test. Teknik analisis data menggunakan uji analisis statistik desktiptif, uji prasyarat analisis, uji n-gain dan uji hipotesis statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya perbedaan terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ekspositori). (2) hasil implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya menunjukkan bahwa penguasaan konsep peserta didik yang menggunakan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan penguasaan peserta didik yang menggunakan model ekspositori. (3) hasil implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya menunjukkan bahwa keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik yang menggunakan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan penguasaan peserta didik yang menggunakan model ekspositori.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI