DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN ALAT MUSIK “PANTING” MELALUI BENTUK VSTi (VIRTUAL STUDIO TECHNOLOGY INSTRUMENT)
PENGARANG:Andi Muhammad Ramadhani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK
 
Ramadhani, Andi Muhammad. 2019.Pengembangan Alat Musik “Panting” Melalui Bentuk VSTi (Virtual Studio Technology Instrument).Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Edlin Yanuar Nugraheni, M.Sn (II) Sumasno Hadi, S.Pd.,M.Phil
 
Kata Kunci : Alat Musik Panting, VSTi 
 
Penelitian ini dilakukan untuk memudahkan para seniman dalam ekspolorasi bunyi di dunia rekaman tanpa harus memiliki alat musik panting tersebut tanpa ada maksud menggantikan peran instrument fisiknya sendiri. Perkembangan teknologi saat ini telah membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut. Upaya mengemas alat musik panting agar dapat dinikmati oleh kalangan luas banyak dilakukan dengan bantuan teknologi dengan tujuan membangkitkan minat generasi muda dengan musik tradisi melalui teknologi di zaman sekarang.  Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses Pengembangan Alat Musik “Panting” Melalui Bentuk VSTi (Virtual Studio Technology Instrument). Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan kemudian diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. 
Hasil penelitian Pengembangan Alat Musik “Panting” Melalui Bentuk VSTi yang didapat adalah berupa virtual instrument yang berekstensi .nki atau native kontakt instrument yang dapat di mainkan menggunakan software Kontakt Player. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan dengan baik, karena suara yang dihasilkan menyerupai suara alat musik aslinya, dan dapat mempermudah dari segi cara memainkannya dan membantu dalam pengenalan kesenian tradisi Kalimantan Selatan. 
 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI