DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN HEWAN TERHADAP LINGKUNGANNYA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN DENGAN DIRECT INSTRUCTION DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN BATU BALIAN 2 KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:EKA RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPA pada materi penyesuaian hewan terhadap lingkungannya disebabkan siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran dan pembelajaran materi tersebut membuat siswa merasa jenuh sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna, akibatnya pembelajaran menjadi tidak efektif dan membosankan di dalam kelas. Keadaan seperti ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas tugas belajarnya, jika hal ini dibiarkan dikhawatirkan akan berdampak terhadap hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakankombinasi model pembelajaranGroup Investigation, Direct Instructiondan Course Review Horay.

Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Setting penelitian yaitu siswa kelas V SDN Batu Balian 2, dengan jumlah siswa 15 orang, 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran IPA materi Penyesuaian Hewan terhadap Lingkungan. Analisa data dihitung berdasarkan skala presentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaranGroup Investigation, Direct Instructiondan Course Review Horay dapat diketahui aktivitas guru siklus 1 mendapat skor 30 dengan kriteria cukup baik,  siklus 2 mendapat skor 34 dengan kriteria baik, siklus 3 guru mendapat skor 36 dengan kriteria sangat baik dan siklus 4 guru mendapat skor 40 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus 1 mendapat skor 46,76% dengan kriteria cukup aktif, siklus 2 mendapat skor 73,33% dengan kriteria aktif, siklus 3 mendapat skor 86,67% dengan kriteria sangat aktif dan siklus 4 mendapat skor 86,67% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa siklus 1 mencapai 60,00%, siklus 2 mencapai 66,67%, siklus 3 mencapai 73,33% dan siklus 4 mencapai ketuntasan 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation, Direct Instructiondan Course Review Horaydapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi Penyesuaian Hewan terhadap Lingkungan. Disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran IPA dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan model-model pembelajaran Group Investigation, Direct Instructiondan Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI