DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani ikan kolam di desa Haur Gading
PENGARANG:M. RIZKA MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAKSI

 

MUHAMMAD RIZKA MAULANA, (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Ikan Kolam Di Desa Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan pembimbing

Potensi perikanan yang terdapat di Kabupaten Hulu Sungai Utara menjadi catatan sendiri dalam upaya untuk meningkatkan peran yang lebih besar terhadap perekonomian Kabupaten Hulu Sungai Utara. Selain hal tersebut, sumber daya manusia yang bergerak di sektor perikanan mempunyai prospek untuk dikembangkan. Karena dengan potensi perikanan yang sangat besar dan didukung dengan sumber daya alam yang besar tetapi produksi dari sektor perikanan masih relative kecil sehingga perlu adanya kebijakan yang dapat mendorong untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani ikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap pendapatan petani ikan kolam. Metode penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian pendapatan petani di Desa Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara menggunakan jenis data primer yang didapat dari wawancara dari seluruh petani ikan kolam dengan jumlah populasi 32 responden dan data sekunder di dapat dari instansi terkait.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor luas lahan, pakan, benih dan obat-obatan berpengaruh secara bersamaan dan simultan terhadap pendapatan petani ikan kolam, serta terdapat faktor luas lahan dan benih yang secara partial berpengaruh significant terhadap pendapatan petani ikan kolam di Desa Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI