DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN PELAJARAN PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION(GI), THINK PAIR AND SHARE(TPS) DAN COURSE REVIEW HORRAY(CRH)
PENGARANG:MUHAMMAD MAHYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

Mahyani, Muhammad. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan PPKN Materi Hak dan Kewajiban Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation,Think Pair and Share dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV B SDN Sungai Lulut 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr.Asniwati, S.Pd,M.Pd.

Kata Kunci:Hasil Belajar, Model Group Investigation,Think Pair and Share dan Course Review Horay.

Kurangnya minat siswa, siswa kurang berpikir kritis, siswa bosan dengan materi yang lebih banyak berdiam dan siswa jarang mengungkapkan pertanyaan atau bertanya. Rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKN tema Kayanya Negeriku kelas IVB SDN Sungai Lulut 5 Banjarmasin. Disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa dan hasil belajar yaitu menggunakan kombinasi Model Group Investigation(GI), Think Pair and Share(TPS), Course Review Horay(CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Semester genap SDN Sungai Lulut 5 tahun pelajaran 2018/2019, Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan sisiwa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 46%, pertemuan II mencapai 57,70%, pertemuan III mencapai 73,07%, dan pertemuan IV mencapai 92,30%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi Model Group Investigation(GI),Think Pair and Share(TPS) dan Course Review Horay(CRH) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI