DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN-PERUBAHAN SIFAT BENDA, MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER, INQUIRIDANSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT(STAD) PADA SISWA KELAS V SDN LOK TANAH 2
PENGARANG:RUSMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran yang diajarkanoleh guru, siswa akan pasif dan merasa bosan karena suasana belajar yang tidak menyenangkan dan tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Guru hanyamenggunakanmetodeceramahdantidakmenggunakan media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran Sehingga memperoleh hasil belajar kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dansiswasertahasilbelajarmateripadasiswakelasVSDN Lok Tanah 2denganpenerapanPendekatanLearning Together, Inquiri DanStudent Teams Achievement(STAD).

Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I dansiklus II masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan menggunakan Pendekatan Learning Together, InquiriDanStudent Teams Achievement(STAD). Pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi akhir. Setting penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester ganjiltahun ajaran 2018/2019dengan jumlah siswa12 orang perempuan6  orang, laki-laki 6 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, lembar kerja siswa, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu. Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pendekatan Learning Together, Inquiri Dan Student Teams Achievement(STAD) terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Learning Together, Inquiri dan Student Teams Achievement (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 1Perubahan-Perubahan Sifat Benda di SDN Lok Tanah 2 tahun ajaran 2018/2019.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pendekatan Learning Together, Inquiri dan Student Teams Achievement (STAD) menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif dan meningkatkan hasil belajar dalam Perubahan-Perubahan Sifat Benda pada siswa kelas V SDN Lok Tanah 2. Saran bagi guru untuk mengembangkan Pendekatan Learning Together, Inquiri Dan Student Teams Achievement (STAD) sebagai salah satu alternatif pilihan dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI