DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN GERAK DOMINAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:AHMAD ROYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

 

 

Ahmad Royani, NIM A1D115042, 2019,Analisis Meningkatkan Hasil Pembelajaran Guling Depan Melalui Pendekatan Gerak Dominan pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi.Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. H. M. Mulhim, M.Pd. (II) Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or., M.Pd.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan keberhasilan pendekatan gerak dominan dalam meningkatkan keterampilan guling depan pada pembelajaran senam peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Martapura.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode classroom action research (penelitian tindakan kelas) dengan empat tahap melalui perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Martapura, semester dua tahun ajaran 2018-2019, yang berjumlah 11 peserta didik.

Hasil penelitian dengan metode penelitian tindakan dan perhitungan statistik dari hasil yang di peroleh mendapatkan kesimpulan untuk peningkatan hasil belajar guling depan meningkat, hal ini terbukti dari meningkatnya hasil pembelajaran guling depan dalam setiap pertemuannya, pengamatan awal pra tindakan di selesaikan hanya 2 peserta didik kemudian meningkat pada siklus pertama menjadi 6 Peserta didik dan terus meningkat pada pertemuan berikutnya. sehingga peserta didik secara keseluruhan menyelesaikan dengan nilai rata - rata 82.

 

Kata Kunci: Guling depan, metode pendekatan gerak dominan, hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI