DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Jalan Simpang Empat Patih Rumbih - Meranti Kuala Kapuas)
PENGARANG:BUDI SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL

(STUDI KASUS JALAN SIMPANG EMPAT PATIH RUMBIH - MERANTI KUALA KAPUAS)

 

Oleh:

Budi Setiawan

 

Pembimbing Utama:

Dr. Iphan Fitrian Radam, S.T., M.T.

NIP. 19730903 199702 1 001

 

ABSTRAK

Persimpangan Jalan Simpang Empat Patih Rumbih - Meranti Kuala Kapuas sering terjadi tundaan akibat konflik antara arus utamadan arus minordengan tingkat pergerakan  yang beragam dari kendaraan. Selain itu kondisi geometrik jalan tersebut tidak adanya rambu lalu lintas dan juga merupakan jalan alternatif bagi truk-truk bermuatan besar melintas.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang untuk simpang tak bersinyal berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan menganalisis persimpangan untuk meningkatkan kinerja simpangtak bersinyal tersebut. Ditinjau dari kondisi eksisting arus lalu lintas per jam puncak  dilanjutkan dengan memforecasting kondisi arus lalu lintas per jam puncak pada tahun ke 5, 9, dan 10, dimana tahun ke 10 kondisi tidak memenuhi persayaratan sebagai simpang tak bersinyal. Penelitian menunjukkan bahwa kinerja simpang untuk simpang tak bersinyal pada kondisi 10 tahun yang akan datang didapat jumlah arus total 2028 smp/jam, kapasitas (C) = 2547 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,796, dan rata-rata peluang antrian (QP) = 38,5% yang berarti peluang antrian lebih dari 35%. Oleh karena itu perlu ditinjau kembali untuk simpang tak bersinyal di  Jalan Simpang Empat Patih Rumbih - Meranti Kuala Kapuas dengan menggunakan metode Simpang Bersinyal untuk tahun yang akan datang menggunakan Aplikasi KAJI.

 

Kata Kunci: Kinerja Simpang, Geometrik, Fase

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI