DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MENEMPEL DENGAN TEPAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION, METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA KERTAS BERPOLA PADA ANAK KELOMPOK B TK TUNAS MUDA KECAMATAN TABUKAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RABIATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

Jannah, R. 2019. Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus dalam Kegiatan Menempel dengan Tepat menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction, Metode Pemberian Tugas dengan Media Kertas Berpola pada Anak Kelompok B TK Tunas Muda Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd

 

Kata kunci :  Motorik Halus, Direct Instruction, Pemberian Tugas, Media Kertas Berpola

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok B TK Tunas Muda Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala diperoleh gambaran bahwa kemampuan aspek motorik halus dalam kegiatan  menempel gambar dengan tepat masih belum maksimal. Hal ini disebabkan aktivitas belajar anak yang rendah, anak kesulitan memahami materi yang disampaikan guru dan kurangnya semangat anak untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan, sehingga anak cepat bosan mengikuti kegiatan pengembangan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model direct instruction dan metode pemberian tugas dengan media kertas berpola melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan aspek motorik halus dalam kegiatan menempel gambar dengan tepat pada anak kelompok B TK Tunas Muda Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B TK Tunas Muda Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 12 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas ≥81% Aktif dan Sangat Aktif, serta perkembangan kemampuan motorik halus secara individual dan klasikal mencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 93% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 92% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan aspek motorik halus dalam kegiatan menempel gambar dengan tepat berhasil berkembang dengan persentase 83% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dalam kegiatan menempel gambar dengan tepat menggunakan kombinasi model direct instruction dan metode pemberian tugas dengan media kertas berpola pada anak kelompok B TK Tunas Muda Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kualadikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model direct instruction dan metode pemberian tugas dengan media kertas berpola tugas salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan motorik halus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI