DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI LULUT 7 BANJARMASIN
PENGARANG:FARIDATUL AHYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

 

Ahyani, Faridatul. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi  Luas Bangun Datar Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan  Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku pada Siswa Kelas V SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin. Skripsi Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Luas Bangun Datar, Direct Instruction (DI), Numbered Heads Together (NHT), Alat Peraga Papan Berpaku.

 

Kesulitan siswa dalam memahami materi luas bangun datar pada siswa kelas V SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin yang mengakibatkan hasil belajar siswa belum mencapai KKM (60). Hal ini disebabkan karena penyajian pembelajaran matematika yang abstrak tanpa dibantu dengan menggunakan alat peraga, Pembelajaran masih bersifat satu arah sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilaksanakan peneitian menggunakan kombinasi model Direct Instruction (DI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan alat peraga Papan Berpaku. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin, dengan jumlah siswa 21 orang. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan PTK ini adalah jika aktivitas guru telah mendapat kriteria sangat baik, aktivitas siswa memenuhi kriteria sangat aktif, dan ketuntasan belajar secara klasikal dinyatakan tuntas apabila ≥80% siswa mendapat nilai ≥60.

Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru pada pertemuan 4 mendapat skor 36 dengan kriteria sangat baik. Untuk peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4 mendapatkan skor 81%. Hasil belajar siswa pada pertemuan 4 meningkat menjadi 86%. 

Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Direct Instruction (DI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan alat peraga Papan Berpaku menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar meningkat. Disarankan bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam mengajar untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran menjad lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI