DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BENDA- BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING, PAIR CHECK, DAN SCRAMBLE PADA KELAS V SDN SN SURGI MUFTI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SYAINA NOOR KHA ANSYADA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

 

Ansyada, Syaina Noor Khatimah. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPS pada Pembelajaran Tematik Benda-Benda Di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Student Facilitator and Explaining, Pair Check, dan Scramble pada Kelas V SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Ali Rachman,M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Student Facilitator and Explaining, Pair Check, Scramble

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh siswa pasif dan kurang melibatkan diri dalam proses pembelajaran, siswa kurang antusias dalam belajar, pembelajaran hanya bersifat satu arah, pembelajaran kurang menarik. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining, Pair Check dan Scramble.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa tentang materi benda-benda dalam kegiatan ekonomi  pada siswa kelas VD SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting penelitian adalah SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VD yang berjumlah 24 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan sisiwa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 26 (baik), meningkat menjadi 39 (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 42% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 95,8% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 54%  pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Pair Check dan Scramble, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran IPS di kelas VD untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI