DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TALKING STICK (TS) PADA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGRI DAMIT HULU
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK

Mumammad Rizky. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kayanya Negriku Muatan PPKn Materi Hak dan Kewajiban menggunakan kombinasi model Direct Intruction (DI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick (TS) Pada siswa kelas IV  UPTD SD NEGRI DAMIT HULU TANAH LAUT

. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Asniwati, S. Pd, M. Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar,  Model Direct Intruction (DI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick (TS)

Permasalahan penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn tema Kayanya Negeriku kelas IV UPTD SD NEGRI DAMIT HULU Tanah Laut. Hal ini  disebabkan pembelajaran kurang aktip, kurangnya motivasi pada anak dan pembelajaran kurang menarik, oleh karena itu peneliti menggunakan kombinasi model Direct Intruction (DI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick (TS) untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat kali pertemuan dengan setting penenlitian di kelas IV semester genap UPTD SD NEGRI DAMIT HULU tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  18 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik analisis yang digunakan analisis data kualitatif, kuantitatif dan psikomotorik. Data kualitatif dan psikomotorik diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 56%, pertemuan II mencapai 61%, pertemuan III mencapai 89%, dan pertemuan IV mencapai 94%.

Berdasarkan temuan ini, maka dapat disimpulkan bahwa  kombinasi model Direct Intruction (DI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick (TS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian inovasi strategi pembelajaran serta hasil dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI