DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, METODE TANYA JAWAB DAN PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISTIQOMAH BANJARMASIN
PENGARANG:WASLIATUL HAKIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


ABSTRAK  

 

Wasliatul Hakiyah.2019, Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Dengan Menggunakan Kombinasi Model Make a match, Metode Tanya Jawab dan Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A di TK Istiqomah Banjarmasin. Skripsi, Program Pendidikan S1 PAUD FKIP UNLAM. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata kunci: Model Make a match, Metode Tanya Jawa, Pemberian Tugas

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak kelompok ATK Istiqomah Banjarmasin dalam kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan, secara klasikal lebih dari 50% dari jumlah anak 14 orang yang masih rendah dalam kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan. Untuk mengatasi masalah ini  peneliti memilih pembelajaran menggunakan kombinasi model make a match, metode tanya jawab dan pemberian tugas. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan dengan menggunakan kombinasi model make a match, metode tanya jawab dan pemberian tugas pada anak kelompok A di TK Istiqomah Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah dalam setiap tindakan yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK ini dilakukan selama 3 pertemuan pada kelompok A TK Istiqomah Banjarmasin. Untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak yang diperoleh melalui observasi dan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai indikator keberhasilan.  

Berdasarkan temuan yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dua siklus empat kali tatap muka melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak, dan hasil belajar anak, diperoleh hasil penelitian: 1) Aktivitas guru mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan dengan menggunakan kombinasi model make a match, metode tanya jawab dan pemberian tugas pada anak kelompok A di TK Istiqomah Banjarmasin, sebagaiamana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai kriteria sangat baik, 2)Aktivitas anak juga terjadi peningkatan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3 hingga semua anak mencapai kriteria aktif, 3) Terdapat peningkatan hasil capaian pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan dengan menggunakan kombinasi model make a match, metode tanya jawab dan pemberian tugas pada anak kelompok A di TK Istiqomah Banjarmasin.Pada pertemuan 1 ketuntasan mencapai 35,71%, pertemuan 2 ketuntasan mencapai 71,43%, dan pada pertemuan 3 ketuntasan mencapai mencapai 100%. 

Atas keberhasilan ini, disarankan perlu adanya tindak lanjut bagi guru maupun peneliti yang lain mengenai penggunaan kombinasi model make a match, metode tanya jawab dan pemberian tugas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI