DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI GURU REGULER TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH SDN KUIN SELATAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Wahyuni, Muhammad. A1F115023. 2019.Persepsi Guru Reguler Tentang Pendidikan Inklusif di Sekolah SDN Kuin Selatan 3 Banjarmasin. Skripsi program Strata-1 pendidikanKhusus.JurusanIlmuPendidikan.FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. UniversitasLambungMangkurat Banjarmasin.Pembimbing I: Agus Pratomo Andi Widodo, M.Pd, danPembimbing II: Sihadi, M.Pd

 

Kata Kunci: Persepsi, Guru Reguler, Pendidikan Inklusif

 

Permasalahanpadapenelitianinidilatar belakangioleh banyaknya guru reguler yang tidak berlatar pendidikan khusus yang mengajar di sekolah inklusif yang semestinya ada satu guru yang berlatar belakang pendidikan khusus dalam suatu pendidikan inklusif baik dari guru reguler dan guru pendamping khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru reguler tentang pendidikan inklusif di sekolah SDN Kuin Selatan 3 Banjarmasin

Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif dengan jenispenelitiandeskriptif.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniberupawawancara, observasidandokumentasi.Sumberdata dalam penelitian ini melibatkan 6 guru reguler guru kelas 1sampai  guru kelas 6 kelasinklusif.Analisis data dalampenelitianiniyaitu proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan.

Hasil yang diperolehdalampenelitianini menunjukkan bahwa sebagian besar persepsi guru reguler tentang pendidikan inklusif sudah bisa dikatakan baik dalam penerapan pendidikan inklusif hanya saja ada beberapa guru yang masih kurang memahami tentang pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Baik mengenai pemahaman tentang membuat media pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus sampai dengan kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus di SDN Kuin Selatan 3 Banjarmasin belum terlalu memahami hal tersebut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI