DIGITAL LIBRARY



JUDUL:analisis tingkat kebugaran jasmani ditinjau dari sarana dan prasarana peserta didik sekolah lanjutan tingkat atas negeri di kecamatan pelaihari dan kecamatan panyipatan kabupaten tanah laut
PENGARANG:MUHAMMAD WARDINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

Muhammad Wardini. 2019. Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Peserta Didik Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Negeri Di Kecamatan Pelaihari Dan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut.  Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Drs. H. Sarmidi, M.Kes, (II) Drs. Said Abdillah, M.Pd.

 

Kata Kunci :Analisis, sarana dan prasarana, dan kebugaran jasmani, Sekolah menengah atas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Negeri Di Kecamatan Pelaihari Dan Kecamatan Panyipatan. 2). Analisis Sarana dan Prasarana Peserta Didik Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Negeri Di Kecamatan Pelaihari Dan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan teknik tes dan pengukuran.

Peserta Didik SMA Negeri 1  Panyipatan sebanyak 30 orang,  SMA Negeri 1 Pelaihari sebanyak 32 Orang, dan SMK Negeri 1 Pelaihari sebanyak 30 orang yang semuanya berada di Wilayah Kabupaten Tanah Laut. Teknik pengambilan data menggunakan sampel pertimbangan.

Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1).Tingkat kebugaran jasmani :SMA Negeri 1 Panyipatan. Kategori Fair sebanyak 4 orang atau sebesar 14%, Poor sebanyak 9 orang atau 31 %, dan Verypoor sebanyak 17 atau 55%,  dengan total jumlah peserta didik 30 orang atau 100 %. Dengan sarana dan prasarana berada dalam kategori Cukup dengan total skor 150 dan persentase sarpras 97 %. 2). SMA Negeri 1 Pelaihari. Kategori Fair sebanyak 2 orang atau sebesar 6%, Poor sebanyak 6 orang atau 9 %, dan Verypoor sebanyak 24 atau 75%,  dengan total jumlah peserta didik 32 orang atau 100 %. Dengan Dengan sarana dan prasarana berada dalam kategori Cukup dengan total skor 132 dan persentase sarpras 78 %. 3). SMK Negeri 1 Pelaihari. Kategori Average 1 orang atau 3%, Fair sebanyak 1 orang atau sebesar 3%, Poor sebanyak 4 orang atau 14%, dan Verypoor sebanyak 24 atau 80%,  dengan total jumlah peserta didik 30 orang atau 100 %. Dengan Dengan sarana dan prasarana berada dalam kategori Cukup dengan total skor 146 dan persentase sarpras 95 %.

Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana serta kebugaran jasmani, maka hasilnya : a) Segi sarana dan prasarana SMA Negeri 1 Panyipatan berada dalam kategori Cukup dengan total skor 150 dan persentase sarpras 97 %. Dan kebugaran jasmani SMA Negeri 1 Panyipatan. Kategori Fair sebanyak 4 orang atau sebesar 14%, Poor sebanyak 9 orang atau 31 %, dan Verypoor sebanyak 17 atau 55%. b) Segi sarana dan prasarana SMA Negeri 1 Pelaihari ada kategori Cukup dengan total skor 132 dan persentase sarpras 78 %. Kebugaran jasmani SMA Negeri 1 Pelaihari. Kategori Fair sebanyak 2 orang atau sebesar 6%, Poor sebanyak 6 orang atau 9 %, dan Very poor sebanyak 24 atau 75%. c). Segi sarana dan prasarana SMK Negeri 1 Pelaihari berada dalam kategori Cukup dengan total skor 146 dan persentase sarpras 95 %. Kebugaran jasmani SMK Negeri 1 Pelaihari. Kategori Average 1 orang atau 3%, Fair sebanyak 1 orang atau sebesar 3%, Poor sebanyak 4 orang atau 14%, dan Very poor sebanyak 24 atau 80%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI