DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar IPS Jeniis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaaran Examples Non Examples, Demonstrasi, dan Talkiing Stick Siswa Kelas V SDN Antasan Kecil Timur 4 Banjarmasin
PENGARANG:NURLAELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Abstrack : The low student learniing outcomes are caused by students' thinking is not centered on learning, students do not have the ability to express opinions, there is no readiness of students in participating in learning. So that the impact on student learniing outcomes is less than optimal, nameely the value below the KKM is 70. The subjeect of the study was the fifth grade studeents of SDN Antasan Kecil Timur 4 Banjarmasin with tottal of 12 students consiisting of 9 male students and 3 female students. In this study data collectiion tools include test questions and observation sheets. Data were analyzed using average formula techniques and percentages. Student learniing outcomes, in the fiirst cycle get 33% with the criteria of partial completion, and in cycle IV get 92% with the criteria. Baseed on the resullts of the study it can be conclluded that in Teacher Activity, Student Activity, and Learniing Outcomes increase. It is recommended for teachers, principals and other researchers to be able to make the resullts of thiis study as a reference in improving the learning quality.
 
 
Keywords  : Learning outcomes. Types of Business and Economic Activity., Example Non Example, Demonstration, and Talking Stick
 

Abstrak : Rendahnya hasil belajar siiswa disebabkan karena Pemiikiran siswa tidak berpusat pada pembelaajaran, Siswa tiidak memiliki kemampuan dalam mengemukakan pendapat, Tidak adanya kesiapan siswa dalam mengiikuti pembelajaran. Sehingga berdampak pada hasiil belajar siswa yang kurang maksiimal yaitu nilainya dibawah KKM yaitu 70. Subjek penelitiian adalah siswa kelaas V SDN Antasan Kecil Timur 4 Banjarmasin dengan jumlah siiswa 12 orang terdiri dari 9 orang siswa lakii-laki dan 3 orang siiswa perempuan. Alat penelitiian ini ialah pengumpulan data meliiputi soal tes dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan teknik rumus rata-rata dan perseentase.Hasil Belajar Siiswa, pada sikllus I mendapatkan 33% kriteria Sebagian Tuntas, dan pada sikllus IV mendapatkan 92% dengan kriiteria Hampir Seluruhnya Tuntas. Berdasarkan hasil peneliitian disimpulkan bahwa Aktivitas Guru, Aktiivitas Siswa, dan Hasil Belajar meningkaat. Disarankan kepada guru, kepasla sekolah dan peneliiti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagaii acuan dalam meningkaatkan kualitas belajar.

Kata Kunci : Hasiil Belajar. Jenis-Jenis Usaha dan Kegiiatan Ekonomi di Indonesia, Example Non Example, Demonstrasi, dan Talking Stick

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI