DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE, BERTUKAR PASANGAN DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN TELUK DALAM 9 BANJARMASIN
PENGARANG:SHINTA NATALISA HUTAPEA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Hutapea, Natalisa Shinta. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Think Pair and Share, Bertukar Pasangan dan Make a Match pada Siswa kelas V SDN Teluk Dalam 9 Banjamasin. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D

 

Kata Kunci: Think Pair and Share (TPS), bertukar pasangan, make a match

 

Pembelajaran IPS materi usaha dan kegiatan Ekonomi di Indonesia di SDN Teluk Dalam 9 Banjarmasin masih di bawah KKM individu yaitu >70. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share, bertukar pasangan dan make a match. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Teluk Dalam 9 Banjarmasin dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share, bertukar pasangan dan make a macth.

Penelitian ini dilaksanakan 4 siklus dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan  dan refleksi.Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Teluk Dalam 9 Banjarmasin yang berjumlah 24 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru terlaksana dengan kriteria sangat baik. (2)Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan menjadi mayoritas sangat aktif. Secara klasikal dari 7 aspek yang diamati juga rata-rata meningkat.(3) Pembelajaran IPS dengan menggunaka model pembelajaran think pair and share, bertukar pasangan dan make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kesimpulan  penelitian ini bahwa aktivitas guru dalam mengimplementasikan langkah-langkah model pembelajaran think pair and share, bertukar pasangandan make a match sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa baik klasikal maupun individual sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan baik klasikal maupun individual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI