DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN CIRI-CIRI YANG DIAMATI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SDN SUNGAI ALANG 1 KECAMATAN KARANG INTAN
PENGARANG:LINDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


 

Lindawati. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Makhluk Hidup Berdasarkan Ciri-Ciri Yang Diamati Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Example Non Examples, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN Sungai Alang 1 Kecamatan Karang Intan. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Sulaiman, M.Pd, Ph. D.

 

Kata kunci : Hasil belajar, Pendekatan Example  Non  Examples,  Student  Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick, Penggolongan Makhluk Hidup Berdasarkan Ciri-Ciri yangDiamati.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru, siswa akan pasif dan merasa bosan karena suasana belajar yang tidak menyenangkan dan tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran Sehingga memperoleh hasil belajar kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar materi pada siswa kelas III SDN Sungai Alang 1 dengan penerapan Pendekatan Example Non Examples, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick.

Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan menggunakan Pendekatan Example Non Examples, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick. Pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi akhir. Setting penelitian ini adalah siswa kelas III pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 16 orang perempuan 9 orang,laki-laki 7 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, lembar kerja siswa, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu. Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pendekatan Example Non Examples, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Example Non Examples, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III semester 1 Penggolongan Makhluk Hidup Berdasarkan Ciri-Ciri yang Diamati di SDN Sungai Alang 1 tahun ajaran2018/2019.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pendekatan Example Non Examples, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif dan meningkatkan hasil belajar dalam Penggolongan Makhluk Hidup Berdasarkan Ciri-Ciri yang Diamati pada siswa kelas III SDN Sungai Alang 1. Saran bagi guru untuk mengembangkan Pendekatan Example Non Examples, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick sebagai salah satu alternatif pilihan dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajardisekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI