DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI MENGGUNAKAN KOMBINAS MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV DI SDN BENUA RIAM
PENGARANG:KASMI FAUZIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Kasmi Fauziah. 2019.  Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Bentuk Energi Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT)Kelas IV di SDN Benua Riam. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Sulaiman, M.Pd, Ph. D.

 

Kata kunci :      Hasil belajar, Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT), Perubahan Bentuk Energi.

                                                                                                               

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru, siswa akan pasif dan merasa bosan karena suasana belajar yang tidak menyenangkan dan tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran Sehingga memperoleh hasil belajar kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar materi pada siswa kelas IV SDN Benua Riam dengan penerapan Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT).

Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT). Pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi akhir. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 19 orang perempuan 11  orang laki-laki 8 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, lembar kerja siswa, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu. Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT)terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kombinasi modelDirect Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester 1 Perubahan Bentuk Energi di SDN Benua Riam tahun ajaran 2018/2019.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT)menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif dan meningkatkan hasil belajar dalam Perubahan Bentuk Energi pada siswa kelas IV SDN Benua Riam. Saran bagi guru untuk mengembangkan Kombinasi dengan Model Direct Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT)sebagai salah satu alternatif pilihan dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI