DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM MENGUTARAKAN PENDAPAT KEPADA ORANG LAIN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING, MEDIA NYATA DAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI RA AN-NUR KECAMATAN BARABAI
PENGARANG:NOVRINDA WAHYULIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

W. Novrinda. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Dalam Mengutarakan Pendapat Kepada Orang Lain Menggunakan Kombinasi ModelRole Playing,Media Nyata dan Buku Cerita Bergambar di RA An-Nur Kecamatan Barabai. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd

 

Kata kunci :  Bahasa, Pendapat, Role Playing, Media Nyata, Buku Cerita

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak TK An-Nur Kecamatan Barabai diperoleh gambaran bahwa kemampuan berbahasa anak dalam mengutarakan pendapat kepada orang lainmasih belum maksimal. Hal ini disebabkan aktivitas belajar anak yang rendah, anak kesulitan memahami materi yang disampaikan guru dan kurangnya semangat anak untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan, sehingga anak cepat bosan mengikuti kegiatan pengembangan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi modelrole playing,media nyata dan buku cerita bergambar melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak dalam mengutarakan pendapat kepada orang lain pada anak TK An-Nur Kecamatan Barabai.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak TK An-Nur Kecamatan Barabai yang berjumlah 12 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas ≥81% Aktif dan Sangat Aktif, serta perkembangan kemampuan berbahasa anak dalam mengutarakan pendapat kepada orang lainsecara individual dan klasikal mencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 93% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 92% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan berbahasa anak dalam mengutarakan pendapat kepada orang lain berhasil berkembang dengan persentase 83% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa anak dalam mengutarakan pendapat kepada orang lainmenggunakan kombinasi modelrole playing,media nyata dan buku cerita bergambarpada anak TK An-Nur Kecamatan Barabaidikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi modelrole playing,media nyata dan buku cerita bergambarsalah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI