DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN GABUNGAN MODEL MAKE A MATCH, DEMONSTRASI DAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B TK HARAPAN MASA KECAMATAN MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:Z UKHRATUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Zukhratunnisa. 2019.Meningkatkan Keterapilan dalam Menempel Gambar dengan Tepat Menggunakan Gabungan Model Make a Match, Demonstrasi dan Talking Stick pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Harapan Masa Barito Kuala”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd Ph.D

 

Kata Kunci : Menempel Gambar dengan Tepat, Make a Match, Demonstrasi, Talking Stick.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada sebagian besar hasil pengembangan motorik halus anak kelompok B belum mampu dalam menempel gambar dengan tepat. Hal ini disebabkan karena pembelajaran beracuan dengan buku lembar kerja anak, pembelajaran yang tidak menyenangkan sehingga kurang menarik minat anak dansaat  pembelajaran berlangsung anak kurang memperhatikan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil pengembangan aspek motorik halus dalam menempel gambar dengan tepat menggunakan  Model Make a Match, Demonstrasi dan Talking Stick.

Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK), setting penelitian pada anak kelompok B TK Harapan Masa Barito Kuala.Jumlah anak yang diteliti ada 14 orang, 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.Analisis data secara kualitatif dengan aktivitas guruindikator  mencapai skor ≥ 21 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak secara klasikal mencapai ≥ 81% dengan kriteria sangat aktif dan hasil pengembangan motorik halus anak memperoleh ≥ 81%  mendapat nilai «««dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Model Make a Match, Demonstrasi dan Talking Stick aktivitas guru terlaksana dengankategorisangat baik, aktivitas anakmengalami peningkatan dengan kriteria sangat aktif. Hasil pencapaian pengembangan motorik halus mengalami peningkatandengan kategori berkembang sangat baik (BSB).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakanmodel Make a Match, Demonstrasi dan Talking Stick dalam menempel gambar dengan tepat dapat mengembangkan aspek motorik halus pada anak kelompok B TK Harapan Masa Barito Kuala.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI