DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Mengguankan Kombinasi Model Pembelajaran Student teams Achievement Division (STAD), dengan Mind Mapping dan Numbered Head Together (NHT) pada siswa Kelas V SDN Teluk Dalam 10 Banjarmasin
PENGARANG:DEWI TRI WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

 

Wiranata, Dewi Tri Wahyuni. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman suku bangsa dan budaya diindonesiai Dengan Menggunakan Kombinasi Model Students Team Achievement Division (STAD) Dengan Mind Maping Dan Numbered Headss Together (NHT) Pada Siswa Kelas V Di SDN Teluk Dalam10 Banjarmasin.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Materi keragaman suku Bangsa dan budaya di IndonesiaModel Students Team Achievement Division (STAD) Dengan  Mind Maping Dan Numbered Heads Together (NHT)

 

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum mampu mengenal keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dalam pengerjaan soal evaluasi sering salah atau kurang tepat. Hal ini terjadi karena siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Siswa kurang fokus dalam belajar, materi pembelajaran yang cukup banyak sehingga siswa cendrung malas mempelajarinya, dan siswa mudah bosan dalam belajar. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan Kombinasi Model Students Team Achievement Division (STAD) Dengan Mind Maping Dan Numbered Heads Together (NHT).

Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Teluk Dalam 10 banjamasin pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang tahun ajaran 2018/2019. Objek penelitian ini adalah pembelajaran keragaman suku bangsa dan budaya  diindonesia dengan menggunakan Menggunakan Kombinasi Model Students Team Achievement Division (STAD) Dengan Mind Maping Dan Numbered Heads Together (NHT). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan presentase penskoran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa modelStudents Team Achievement Division (STAD) Dengan Mind Maping Dan Numbered Heads Together (NHT) dapat diketahui aktivitas guru dari siklus I dengan perolehan skor 70.00 siklus II memperoleh skor 78.00, siklus III memperoleh Skor 87.50, pada siklus IV mendapat skor 95.00. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 53,44, pada siklus II memperoleh skor 65.00, pada siklus III memperoleh skor 79.68 dan pada silus IV memperoleh skor 86.56. Hasil belajar siswa mencapai indikator  keberhasilan yang diharapkan, pada siklus I mencapai 55%, pada siklus II mencapai 65% , pada siklus III mencapai 80% dan pada siklus IV mencapai 90%.   

Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas guru terlaksananya sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan baik berdasarkan individu maupun klasikal. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model Students Team Achievement Division (STAD) Dengan Mind Maping Dan Numbered Heads Together (NHT) sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI