DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN "CHEMISTRY MYSTERY BOX" PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABOLASI SISWA DI SMA NEGERI 6 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | RAHIMAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-27 |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan 1) keterampilan berpikir
kreatif, 2) hasil kognitif, 3) keterampilan kolaborasi, dan 4) hasil belajar aspek
sikap siswa SMA Negeri 6 Banjarmasin melalui penerapan pembelajaran dengan
“chemistry mystery box” pada materi sistem koloid. Metode yang dipakai adalah
quasi experiment dengan desain “nonequivalent control group”. Sampel
penelitian, yaitu kelas eksperimen sebanyak 34 orang dan kelas kontrol sebanyak
35 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes (keterampilan berpikir
kreatif dan hasil kognitif siswa) dan instrumen nontes berupa angket respon siswa
dan observasi (keterampilan kolaborasi dan hasil belajar aspek sikap) melalui
analisis deskriptif dan uji-t. Adapun variabel bebas adalah model pembelajaran
dan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar
pengetahuan, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar sikap. Hasil yang
diperoleh menunjukkan 1) tingkat pencapaian keterampilan berpikir kreatif siswa
kelas eksperimen sebesar 77,39% dan kelas kontrol sebesar 73,46% 2) N-gain
hasil belajar pengetahuan siswa kelas eksperimen sebesar 0,73 berkualifikasi
tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,63 berkualifikasi sedang 3) rata-rata
keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen sebesar 76,85% dan kelas kontrol
sebesar 70,29% 4) rata-rata hasil belajar aspek sikap siswa kelas eksperimen
sebesar 3,96 dan kelas kontrol sebesar 3,5.
Kata kunci: Project Based Learning, chemistry mystery box, keterampilan
berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan sistem koloid.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI