DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN "CHEMISTRY MYSTERY BOX" PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABOLASI SISWA DI SMA NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:RAHIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan 1) keterampilan berpikir 

kreatif, 2) hasil kognitif, 3) keterampilan kolaborasi, dan 4) hasil belajar aspek 

sikap siswa SMA Negeri 6 Banjarmasin melalui penerapan pembelajaran dengan 

“chemistry mystery box” pada materi sistem koloid. Metode yang dipakai adalah 

quasi experiment dengan desain “nonequivalent control group”. Sampel 

penelitian, yaitu kelas eksperimen sebanyak 34 orang dan kelas kontrol sebanyak 

35 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes (keterampilan berpikir 

kreatif dan hasil kognitif siswa) dan instrumen nontes berupa angket respon siswa 

dan observasi (keterampilan kolaborasi dan hasil belajar aspek sikap) melalui 

analisis deskriptif dan uji-t. Adapun variabel bebas adalah model pembelajaran 

dan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar 

pengetahuan, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar sikap. Hasil yang 

diperoleh menunjukkan 1) tingkat pencapaian keterampilan berpikir kreatif siswa 

kelas eksperimen sebesar 77,39% dan kelas kontrol sebesar 73,46% 2) N-gain 

hasil belajar pengetahuan siswa kelas eksperimen sebesar 0,73 berkualifikasi 

tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,63 berkualifikasi sedang 3) rata-rata 

keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen sebesar 76,85% dan kelas kontrol 

sebesar 70,29% 4) rata-rata hasil belajar aspek sikap siswa kelas eksperimen 

sebesar 3,96 dan kelas kontrol sebesar 3,5.

Kata kunci: Project Based Learning, chemistry mystery box, keterampilan 

berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan sistem koloid.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI