DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SMPN DI WILAYAH KOTA BANJARBARU
PENGARANG:BAHRUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Bahrudin, 2019. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Guru SMPN di Wilayah Kota Banjarbaru. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D, Pembimbing II: Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Disiplin, Motivasi, Kinerja Guru

Kinerja guru merupakan hasil kerja yang dicapai seseorang guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMPN di wilayah Kota Banjarbaru.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode cross sectional dan menggunakan teknik korelasi (correlation research).  Populasi penelitian sebanyak 413 guru dan diambil 203 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik proportionale random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier dan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai regresi variabel adalah angka positif seperti koefisien regresi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (X1-Y) sebesar 0,596, koefisien regresi kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru (X1-X3) sebesar 0,408, koefisien regresi disiplin kerja sekolah terhadap kinerja guru (X2-Y) sebesar 0,278, koefisien regresi disiplin kerja sekolah terhadap motivasi kerja guru (X2-X3) sebesar 0,221, koefisien regresi motivasi kerja guru terhadap kinerja guru (X3-Y) sebesar 0,454, koefisien regresi kepemimpinan kepala sekolah secara tidak langsung melalui motivasi kerja guru terhadap kinerja guru (X1-X3-Y) sebesar 0,185 dan koefisien regresi disiplin kerja sekolah secara tidak langsung melalui motivasi kerja guru terhadap kinerja guru (X2-X3-Y) sebesar 0,100. Hasil uji-t menunjukan semua jalur variabel sig t < α (0,05), artinya ada pengaruh yang signifikan pada semua jalur variabel.

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja guru SMPN di wilayah Kota Banjarbaru dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan pimpinan kelapa sekolah dan disiplin kerja melalui motivasi terhadap kinerja guru SMPN di wilayah Kota Banjarbaru.

Saran kepada kepala sekolah dan guru dapat menjaga motivasi dengan menjalin hubungan baik sesama pegawai seperti adanya rasa saling percaya dan saling dukung antar pegawai dapat menciptakan disiplin kerja yang baik pula. peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan variabel lainnya, seperti kepuasan kerja, kinerja atau prestasi, budaya organisasi, gaya kepemimpinan, dan pelatihan yang diduga juga dapat mempengaruhi kinerja guru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI