DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GIMMS DI KELAS V SDN JAWA 1 MARTAPURA
PENGARANG:DWINDA ANGGRAENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Anggraeni, Dwinda. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan Ips Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Mind Mapping Dan Scramble Di Kelas V SDN Jawa 1 Martapura. Skripsi Program PG-PSD FKIP ULM Banjarmasin. Prof. Drs. Ahmad Suriasnyah, M.PD.PhD

Kata Kunci : Hasil Belajar, Peran Ekonomi, Group Investigation dibantu model pendukung Mind Mapping dan Scramble

Permasalahan pembelajaran pada siswa kelas V SDN Jawa 1 Martapura yaitu kurangnya aktivitas dan pemecahan masalah secara mandiri yang berdampak pada rendahnya hasil belajar IPS materi peran ekonomi. Hal ini disebabkan pembelajaran menyajikan kegiatan yang bersifat satu arah dan model yang digunakan kurang inovatif. Upaya menyelesaikan masalah tersebut dilakukan melalui kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping dan Scramble ditempuh untuk pembelajaran yang lebih melibatkan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatan hasil belajar siswa.

Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jawa 1 Martapura pada semester dua (genap) tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang terdiri dari 11 siswa dan 9 siswi. Cara pengambilan data kualitatif dengan teknik observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar yang digali dengan tes akhir belajar setiap pertemuan. Dan data kuantitatif dengan diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 17 hingga 21. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% hingga 100% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 60% hingga 100% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 45% hingga 80% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik dari pertemuan 1 sampai IV meningkat dari 65% - 80% (klasikal).

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Group Investigation dibantu model Mind Mapping dan Scramble materi peran ekonomi pada aktivitas guru telah dilaksanakan dengan kriteria sangat baik. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dengan kriteria sangat aktif. Pada ketuntasan hasil belajar secara klasikal mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditentukan.

Dari hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menggunakan kombinasi model Group Investigation dibantu Mind Mapping dan Scramble sebagai rujukan alternatif model-model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI