DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASI DENGAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DI BANTU MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN 4 CEMPAKA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD AMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Lingkungan Sahabat Kita, Group

Investigation, Course Review Horay, Media Visual.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan karena siswa kurang mengetahui pemahaman konsep, kurang aktif, dan cepat merasa bosan saat belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti membuat sebuah inovasi pembelajaran dengan menggunakan Model Group Investigation dikombinasi dengan ModelCourse Review Horay di bantu Media Visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya 2 kali pertemuan dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru dengan persentase mencapai nilai 82-100% dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa yang memperoleh >70 mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukan terlaksananya aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 24 atau 60% dengan kriteria cukup baik sedangkan siklus II pertemuan 2 memperoleh skor 36 atau 90% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria aktif sedangkan siklus II pertemuan 2 mencapai kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai lebih besar dari >70 sebanyak 7 orang atau 29.2% kemudian pada siklsu II pertemuan 2 siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai lebih besar dari >70 sebanyak 24 orang atau 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Group Investigation dikombinasi dengan Model Course Review Horay di bantu Media Visual dapat memperbaiki aktivitas guru dan siswa serta dapat mengingkatkan hasil belajar siswa. berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah agar dapat menjadikan sebagai alternatif untuk memilih model pembelajaran dan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI