DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PENGOLAHAN AIR DI SETTLING POND PADA PT HASNUR RIUNG SINERGI SITE BRE RANTAU, KECAMATAN LOKPAIKAT, KEABUPATEN TAPIN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SHEILA ULFAH HENDINIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Proses pengolahan air limbah dari kegiatan penambangan dilakukan dengan proses mengendapkan padatan tersuspensi dan menetralkan pH air limbah. Proses pengolahan air limbah tersebut dilakukan agar air yang dialirkan sesuai dengan baku mutu dari KepMenLH No.113 Tahun 2003. Proses pengolahan air tersebut dilakukan  pada settling pond atau kolam pengendapan yang pembuatan unit sedimentasi atau bak pengendap (settling pond) telah diatur dalam SNI 6774:2008 tentang Tata cara perencanaan paket instalasi pengolahan air dengan beberapa kriteria umum.

            Pada penelitian  ini, proses pengujian kualitas air dilakukan dalam skala laboratorium dimana air diambil dari settling pond, waktu pengendapan material menggunakan perhitungan detention time, untuk mengetahui jenis aliran digunakan persamaan Bilangan Reynold dan Bilangan Froude.

            Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan pada inlet zone settling pond nilai pH 5,2, nilai Total Suspended Solid (TSS) 910 dan pada outlet zone settling pond nilai pH 6,4, nilai Total Suspended Solid (TSS) 11, dan total waktu yang diperlukan untuk mengendapkan material selama 12 jam 16 menit. Sedangkan hasil bilangan Reynold sebesar 336,18 dan hasil dari bilangan Froude sebesar 0,0324. Hal ini  mengindikasikan bahwa unit sedimentasi (kolam pengendapan) telah memenuhi standar umum sesuai dengan SNI 6774:2008.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI